Cara Menghilangkan Karang Gigi atau Plak Pada Gigi

Pernahkah Anda mengalami masalah karang gigi dan ingin segera mengatasi masalah tersebut? Karang gigi tentunya merugikan bagi kesehatan, karang gigi juga akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang menguning. Membuat Anda merasa risih dan memalukan jika saat Anda berbicara dengan orang lain harus menutup mulut Anda atau karena bau mulut yang tidak sedap akan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Karang gigi merupakan plak yang telah mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memperluas area bagi plak untuk berkembang dan menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket, hal ini akan menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah lagi yaitu radang gusi.

Bagi yang ingin menghilangkan karang gigi namun tidak mau ke dokter gigi karena takut atau malu, akan saya berikan cara untuk menghilangkan karang gigi sendiri tanpa ke dokter gigi.

Menyikat gigi secara teratur
Salah satu cara untuk membersihkan karang pada gigi dan mencegahnya adalah menyikat gigi secara teratur. Lakukan sikat gigi dua kali sehari atau minimal satu kali sebelum Anda tidur di malam hari.
Pastikan Anda menyikat gigi dengan benar, sikat semua bagian gigi dengan gerakan dari atas ke bawah. Pertimbangkan menggunakan sikat gigi elektrik karena lebih efektif membersihkan plak 10-40% ketimbang sikat gigi biasa. Jangan lupa utk membersihkan lidah Anda menggunakan alat pembersih lidah (atau gunakan sikat gigi secara perlahan).

Kumur-kumur dgn mouthwash yang mengandung Plax (Contoh: Listerine)
Sebuah studi menunjukkan bahwa berkumur dengan larutan kumur yg mengandung plax sangat efektif untuk membantu menghilangkan plak gigi. 30 detik berkumur dengan plax mampu mengurangi karang gigi sampai 22%, dimana hal ini makin meningkat menjadi 34% bila langsung diikuti dengan menyikat gigi.

Flossing (Benang Gigi)
Flossing memiliki fungsi sama pentingnya dengan menyikat gigi untuk membersihkan plak pada gigi. Benang gigi mampu menghilangkan plak yg berada diantara permukaan gigi Anda dimana sikat gigi tidak dapat mencapainya.

Melakukan pembersihan reguler (scaling) ke Dokter Gigi
Menyikat, flossing, ataupun menggunakan mouthwash mengandung Plax memang bisa bisa menghilangkan karang gigi namun Tips dan Trik menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Dan bila karang gigi sangat banyak dan menumpuk, dokter gigi bisa melakukan scaling & root planning yang mampu membersihkan gigi dari Plak / karang gigi dengan cepat .

Cara mencegah Karang Gigi:

- Batasi makanan ringan, makanan manis & makanan bertepung yang Anda konsumsi setiap harinya sepanjang hari
- Mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan
- Jangan merokok karena dapat membuat noda pada gigi
- Bilas mulut Anda dengan air setelah makan, dan jangan lupa menggosak gigi.

Demikian tadi informasi mengenai cara menghilangkan Karang gigi atau plak gigi. Semoga Berguna.

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

1 comment

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete